Religious Comments Pictures

Welcome Comments Pictures

Selasa, 17 Desember 2013

Siapkah Untuk berjilbab Syar’i?

Pengertian jilbab secara etimologis, jilbab berasal dari bahasa Arab yang artinya pakaian longgar. Jilbab is wide shirt or long veil yang artinya Jilbab adalah kemeja yang lebar/ kerudung yang panjang.
Kerudung atau Jilbab merupakan kata yang tidak asing lagi di telinga kita karena  peminat yang jumlahnya semakin hari semakin bertambah bukan hanya dari kalangan orang tua tetapi juga para remaja. Suatu kain yang digunakan sebagai penutup aurat wanita yang kini menjadi trend di dunia fashion para wanita muslimah.Seiring dengan perkembangan zaman, banyak terdapat model dan tipe-tipe jilbab disugguhkan kepada wanita muslimah untuk mempercantik diri yang bisa dijadikan pilihan. Bahkan sampai diadakan suatu pameran untuk mengenalkan produk jilbab dengan berbagai model.

Dewasa ini sering kali kita menjumpai wanita-wanita muslimah yang menggunakan berbagai model jilbab. Misalnya saja di kalangan mahasiswa, terdapat berbagai mode jilbab yang mereka kenakan seperti jilbab angka Sembilan, punuk onta ,dll. Hal ini menunjukkan bahwa kini keberadaan jilbab lebih banyak dijadikan tuntutan fashion, tentu saja ini sudah cukup jauh melenceng dari hakikat berjilbab yang sebenarnya. Yang seharusnya berjilbab semata-mata karna untuk mendapatkan ridho-Nya.

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita…” (An-Nur:31).
Tahukan? Berarti kalau kita pakai jilbab harus mengulurkannya. Lebih baik lagi jika lebih panjang dari dada. Oke, kalau masih ragu. Pikirkan lagi, ini perintah Allah. Ini bukan hadits. Ini adalah ayat Al-Qur’an. Masihkah kalian ragu untuk taat?

Memang tak mudah untuk menjadi “jilbabers” yang jilbabnya panjang. Namun sudah selayaknya kita perlahan-lahan belajar untuk mentaati perintah Allah. 
Dan inilah beberapa manfaat mengenakan jilbab, :
1.Terlindungi dari sengatan panas matahari.
 Faktanya sekarang adalah wanita-wanita yang tak mengenakan jilbab jika keluar rumah dan berjalan pasti akan merasakan panas, rambut yang lembab, lepek, terus rambutnya jadi kusam,dan kurang nutrisi. tapi muslimah-muslimah yang memakai jilbab pasti akan terlindungi. Sebab rambutnya ditutupi oleh kain yang panjang dan tidak tipis. Ini membuat rambut tak akan kehilangan nutrisinya.
2.Terjaga kehormatannya dan Pria pun segan untuk menggodanya
Mungkin kita sering jumpai,  Jika wanita yang tidak memakai jilbab lalu jalan di depan laki-laki. Sering kali lali-laki menggoda dan biasanya  berkata, “Siut..Siut!”. Iya bukan? Tapi jika muslimah berjalan tapi mungkin saja karena tak ada jalan lain harus melewati seorang laki-laki, laki-laki itu malah berkata” Assalamua’alikum”. Kalau mengalami hal tersebut salamnya cukup dijawab dalam hati.
3.Termotivasi untuk terus menuntut ilmu
Mungkin bagi orang-orang yang telah berjilbab kerap kali ditanya-tanya tentang jilbab dan berbagai hal  . Nah , dari sini membuat kita terus belajar dan memperdalam pengetahuan kita tentang jilbab. Sudah benarkan cara kita berjilbab? Sudah sesuaikah dengan yang ditetapkan agama islam?.
5.Kemuliaan  Terlihat
Allah dan Rasul-Nya sangat memuliakan wanita. Rambut wanita yang diperlihatkan menjadi mahkota yang biasa-biasa saja. Karena semua orang sudah tahu seperti apa mahkotanya. tapi wanita muslimah yang memakai jilbabnya menjadikan dirinya mulia dan tertanda bahwa tidak sembarangan orang yang boleh tahu seperti apa rambutnya. Yakinlah bahwa semua yang telah ditetapkan Allah untuk hambanya pasti sangat bermanfaat.
`           Nah , sekarang kita tinggal tentukan kita mau berjilbab gaul atau sesuai dengan syari’at. Mungkin bagi kita yang pemahaman tentang agama masih sedikit , begitu juga saya sulit untuk memulai berjilbab sar’i . Semua pilihan ditangan kita, tapi kita selalu berusaha untuk mentaati perintah Allah. semoga kita selalu berada dalam perlindungan Allah SWT. Amin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar